Inilah Bahasa Resmi Malaysia (Melayu) dan Sejarahnya

Bahasa Resmi Malaysia – Bahasa Melayu sebagai bahasa yang digunakan lebih dari separuh penduduk Malaysia. Sekitar 20 juta orang di Malaysia menggunakan bahasa Melayu dalam percakapan setiap hari.

Advertisement

Lebih dari 80% bahasa yang ditetapkan oleh Badan Perpustakaan dan Bahasa Malaysia memiliki hubungan yang erat dengan bahasa Indonesia. Jadi, begitu kamu sampai di Malaysia, kamu harus tahu kalau kamu bisa menggunakan bahasa ini.

Masing-masing negara pasti memiliki keunikan tersendiri. Walaupun bahasa inggris tetap menjadi bahasa internasional supaya mempermudah bercakap dengan orang diseluruh dunia, tetapi juga untuk negara tertentu pasti memiliki bahasa nasional.

Advertisement

Seperti halnya negara Malaysia yang memiliki bahasa resmi yaitu Melayu.

Sekitar tahun 1975, Perdana Menteri Malaysia Tunku Abdul Rahman adalah orang pertama yang memperkenalkan nama “Bahasa Malaysia” sebagai bahasa nasional. Lama-lama, tahun 1986, nama “Bahasa Melayu” kemudian diubah menjadi “Bahasa Malaysia”.

Pemerintah saat itu kemudian mengatur semua lembaga negara mulai dari kementerian, perguruan tinggi, pusat studi dan lainnya menggunakan istilah Bahasa Malaysia dalam berbagai kegiatan korespondensi dan kearsipan.

Perkembangan selanjutnya, Bahasa ini digunakan di salah satu wilayah di sekitar Semenanjung pada tahun 1968 dan Sabah dan Sarawak dilanjutkan pada tahun 1974.

Lambat laun Bahasa Inggris yang menjadi bahasa resmi Malaysia mengurangi ragam bahasa negara ini, meskipun masih menjadi bahasa nomor kedua.

Baca Juga :  Lagu Kebangsaan Malaysia (Negaraku) Karya Saiful Bahri

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.