Hukum Smule Menurut Islam diambil dari Berbagai Sudut Pandang

Hukum Smule Menurut Islam – Sekarang ini banyak media yang bisa digunakan untuk bernyanyi layaknya berkaraoke, seperti halnya di aplikasi Smule Sing!. Dimana tujuan umum orang-orang menggunakan smule ini adalah sebagai media hiburan setelah seharian penuh melakukan aktivitas yang sangat menguras waktu dan tenaga.

Advertisement

Tetapi disini lain, sebagai muslim yang baik kita hendaknya tau apakah bernyanyi dengan smule ini adalah suatu hal yang diperbolehkan atau tidak? Maka dari itu kami akan menjelaskan hukum menggunakan aplikasi smule dari berbagai sudut pandang yang bisa kalian simak.

Hukum Bernyanyi Karaoke di Aplikasi Smule

Secara umum, bernyanyi menurut kalangan ulama ada yang menghukuminya dengan mubah tetapi hukumnya bisa menjadi haram jika terdapat hal-hal seperti dibawah ini :

Advertisement
  • Didalam lagu yang dinyanyikan ada potongan ayat dari Al-Quran, Nama Nabi, Nama Allah yang dibuat bahan bercandaan.
  • Ketika bernyanyi terdapat atau berhadapan dengan laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya.
  • Menggunakan suara yang bisa membangkitkan nafsu
  • Terdapat goyangan sensasional atau semua unsur yang mengandung p0rn0aksi maupun p0rn0grafi.
  • Terbukanya aurat laki-laki maupun perempuan dengan sengaja
  • Lagu yang dibawakan terdapat kata umpatan, sindiran, atau semua perkataan jelek.
  • Terlalaikannya kewajiban

Sesungguhnya mendengarkan musik banyak sekali madharatnya, seperti menimbulkan penyakit, mengeraskan hati, dan parahnya bisa membuat lupa akan nikmat Allah serta kewajibannya.

Hukum Smule Menurut Islam Menurut Gus Nur

Di facebook Gusnur berpendapat mengenai hukum menggunakan smule yang kurang lebihnya seperti dibawah ini :

Bagi kalian saudaraku seiman, hukum mengumandangkan nyanyian di smule ini yang sekarang lagi trending adalah Dosa Besar. Dimana kalian jangan sampai terpengaruhi dengan zaman yang semakin canggih ini dan tidak diimbangi dengan keimanan dan ketaqwaan.

Jadi jangan coba-coba bernyanyi di smule ini jika tidak mau terjerumus kedalam kemaksiatan. Dimana banyak disana suami atau istri orang, melihat aurat, dan sampai menuju ke hal yang keji. Karena hal tersebut sangat dilarang oleh Allah SWT.

Kisah Seorang Pemuda Insyaf dari Smule

Di akhir zaman ini tidak bisa terlepas dengan yang namanya Musik, dan bahkan nyanyian tersebut telah terdengar ditelinga layaknya seperti sarapan.

Itulah yang dialami oleh salah seorang yang bernama Rizki (Samaran) yang mana kehidupannya yang dulu bergantung dengan alat musik, girat, drum, bass, dll.

Tetapi sekarang ini hidupnya sudah berubah 180 derajat semenjak Ia mendapatkan hidayah dari Allah SWT dari mengenal kalamullah Al Quranul Karim.

Kemudian ia mulai sedikit demi sedikit meninggalkan segala macam aktivitas musik yang dijalaninya dulu. Alhamdulillah dengan rasa syukur ia mendapatkan pengganti dari musik yakni lantunan Al Quran yang ia bacakan setiap harinya..

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasanya diakhir zaman ini sangat sulit sekali untuk minggalkan fitnah. Terkhusus bagi yang memiliki hobi bernyanyi, dimana sebaiknya kalian meninggalkan yang namanya berkaraoke di Smule karena banyaknya madharat yang didapatkan.

Semoga apa yang kami tuliskan diatas dapat bermanfaat dan jika ada masukan, kritik atau saran dari tulisan diatas mohon untuk disampaikan pada kolom komentar dibawah ya. Baca juga (bahaya aplikasi smule) Terimakasih

Baca Juga :  Bahaya Smule dan Beberapa Dampak Negatifnya

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.