Ibu Kota Selandia Baru Pindah ke Wellington dan Sejarahnya

Ada momentum bersejarah dimana Ibu kota Selandia Baru berganti ke Wellington, padahal sebelumnya ibu kotanya adalah Auckland.

Advertisement

Kejadian ini muncul atas adanya usulan dari komisi Australia untuk merealisasikan rencana baru, dimana dewan Provinsi Wellington akan di perbarui menjadi gedung baru bagi anggota parlemen nasional.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang memicu perpindahan ini, diantaranya adalah karena adanya perdebatan yang terus berlangsung mengenai lokasi parlemen.

Advertisement

Mengingat penduduk pulau bagian selatan yang harus melalang jauh ke Auckland, ditambah lagi adanya populasi Centerbury dan Otago yang kala itu mengalami kenaikan pesat tahun 1860.

Dari masalah itulah, badan komisi independen telah memutuskan agar menggantikan ibukota lama dengan ibu kota yang baru, dengan tujuan agar mudah dijangkau bagi semua masyarakat Negara Selandia Baru.

Baca Juga :  Mata Uang Selandia Baru

Dalam pergantian ini ada beberapa panitia khusus yang terpilih dan berjasa didalamnya, seperti Whanganui, Picton, Port Underwood, Havelock dan Nelson.

Sementara itu, bendera Selandia Baru pernah dikatakan mirip dengan panji Negeri Kanguru, Australia.

Pada saat itu juga muncul kabar bahwa bendera negara ini hampir sama dengan bendera Australia dan menuduh bahwa perdana menteri mereka meniru desain bendera Selandia Baru.

Meskipun memang kedua negara ini menjalin hubungan yang tidak baik karena adanya kasus deportasi antara penduduk Selandia Baru dan Australia.

Para ahli negara juga mengatakan bahwa adanya pertikaian tersebut membuat kedua negara ini menjadi tidak kuat lagi pada tahun 2018.

Akhirnya pemerintah Negara Negara Selandia baru meminta agar Negara Australia untuk segera mengganti desain benderanya karena ada kesamaan dengan Negara mereka.

Berikut ini adalah peta Ibu Kota Wellington

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.