Kelebihan dan Kekurangan Opera Mini

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan opera mini tentunya akan menuai banyak sekali perbedaan. Terlebih dari apa yang admin kangtaqwim rasakan sendiri sebagai pengguna setia browser yang satu ini sejak dari jaman hp nokia dulu sekitar tahun 2010 hingga android sekarang tahun 2021.

Advertisement

Pada zaman dahulu browser ini menjadi idolanya para pengguna hp symbian dan java, dimana dengan menggunakan aplikasi ini maka akan bisa mempermudah untuk browsing ataupun download. Tidak lain karena faktor user friendly yang menjadikan betah menggunakan browser operamini.

Nah berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan opera mini yang admin rasakan sendiri sebagai pengguna sepuh :

Advertisement

1. Pemblokiran Iklan

Untuk opsi yang satu ini memang sangat berguna sekali, dikarnakan faktor utama yang membuat pengunjung tidak betah berlama-lama mengunjungi suatu website adalah iklan. Apalagi iklan yang muncul berupa banner melayang. Untuk itulah di operamini menyediakan opsi block ads.

2. Halaman Offline

Dengan diberlakukannya halaman offline ini membuat pengguna bisa menyimpan suatu halaman dengan mudah dan membukanya kembali tanpa menggunakan data internet. Biasanya mode ini paling cocok untuk digunakan bagi yang suka membaca novel atau cerita yang panjang.

3. Mode Malam

Tidak hanya pada layar smartphone saja yang bisa diganti dengan mode gelap, di operamini pun sekarang mendukung tampilan malam yang bisa disesuaikan kecerahannya. Jadi ini akan membantu pengguna untuk tetap bisa menggunakan operamini tanpa takut mata menjadi sakit.

4. Ringan

Dengan ukuran file yang tidak lebih dari 20MB membuat operamini menjadi ringan dan tidak memberatkan hp, sehingga dalam keadaan memori menipispun bisa tetap bekerja optimal. Operamini juga sangat mendukung bagi hp dengan RAM yang kurang dari 1GB.

5. Membuka Situs yang di Blokir

Tanpa mengubah ip hp ataupun susah payah mendownload aplikasi vpn, operamini tetap bisa mengakses situs yang di blokir dengan sangat mudah sekali. Cukup dengan membuka pengaturan, lalu ubah ke mode otomatis, ekstrim, atau tinggi dan kunjungi situs yang di blokir tersebut.

6. Tidak ada Opsi User Agent

Beberapa pengguna termasuk admin sendiri mendambakan opsi user agent, dimana dengan opsi tersebut bisa menjadikan pengguna bisa mengubah tipe hp sesuai apa yang di kehendaki. Misalnya nokia, samsung, leovo, iphone, xiaomi, infinix, oppo, vivo, dll.

7. Tidak Tersedia Opsi Handler

Walaupun sebenarnya diluar sana ada aplikasi operamini modifikasi yang diberi nama handler, dimana opsi handler ini bisa untuk mengubah HTTP Server, Socket Server, Front Query, Remove Port from URL, Proxy Server, dll yang bisa dimanfaatkan untuk membuat internet lokal menjadi gratis.

Mungkin itulah yang bisa disampaikan terkait dengan kelebihan dan kekurangan opera mini, dari pembaca jika punya ide atau keluhan seputar topik ini silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ya. Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.